Ya Allah. 93 orang TKI Ilegal asal lombok jateng dan jatim Dari Malaysia tenggelam dilaut batam dan banyak yang meninggal , adakah keluarga atau teman anda yang selamat




Batamtalk.blogspot.com.
BATAM – Tragis nasib 93 Tenaga Kerja Indonesia (TKI), maksud hati ingin pulang kampung setelah sekian tahun mengadu nasib di negeri jiran Malaysia untuk memperbaiki tarap hidup keluarganya di kampung halamannya.
Ajal tak dapat ditolak, setelah kapal pompong yang mereka tumpangi dihantam ombak ditengah lautan, tepatnya di Tanjungmamban-Teluk Mata Ikan Nongsa Batam, Rabu dini hari (2/11/2016)
Histeris dan tangis dari 93 TKI penumpang kapal saat itu tidak dapat terbayangkan, sebelum kapal mulai terbenam ke dasar laut.
Diperkirakan kapal tersebut kelebihan beban atau penumpang, sehingga membuat kapal mulai oleng disaat ombak datang. Disamping gelapnya malam dan kemungkina para penumpang tidak dilengkapin dengan baju pelampung oleh pemilik kapal pompong.
Dari sumber yang didapat , 93 TKI TKI datang dari Malaysia. Sementara puluhan mayat yang sudah ditemukan dan sebagian lagi masih dalam pencarian pihak SAR dan Kepolisian Polda Kepri

Pantauan di lapangan, pagi itu, baru tiga orang yang ditemukan tewas dan tiga lagi dalam kondisi selamat. Ke tiga korban yang tewas itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Mapolda Kepri. Sementara tiga orang korban yang selamat dikawal polisi untuk dimintai keterangan. Terlihat mereka diberikan kesempatan untuk makan dan minum.

Zaelani, salah seorang korban yang selamat menuturkan, saat itu dia bersama rombongan berangkat dari Malaysia sekitar pukul 03.30 WIB  dini hari. Saat sudah mendekati Batam, tiba tiba datang gelombang tinggi yang mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam. "Tadi kejadiannya sekitar jam 05.30 WIB, ombak kuat sekali sehingga kapal kami terbalik," tutur Zaelani.

Posisi saat itu diperkirakan sudah dekat dengan Batam, karena korban sudah bisa melihat bukit Teluk Mata Ikan, Nongsa. "Sudah dekat karena sudah kelihatan bukit tanah merah, tadi kondisinya sudah terang dan mulai terlihat matahari," terangnya.

Zaelani mengaku harus bersusah payah untuk bisa menyelamatkan diri hingga sampai bibir pantai. "Satu setengah jam saya berenang sampai sini. Alhamdulillah saya bisa sampai dengan selamat," pungkasnya.
Seperti yang disampaikan oleh Iit, seorang warga Teluk Mata Ikan yang ikut membantu mengevakuasi korban kapal tenggelam. Ia mengatakan, dirinya melihat banyak mayat di tengah laut. "Masih banyak mayat di laut, perlu kapal untuk membawanya," kata Iit kepada POSMETRO, Rabu (2/11/2016).







Kata Iit, ia memilih mengevakuasi terlebih dahulu penumpang yang masih selamat untuk dibawa ke darat. "Sambil membawa korban yang selamat saya mau kasih kabar juga kalau masih banyak korban di tengah laut yang membutuhkan pertolongan," ujarnya.

Dikatakannya, saat itu ia mendengar banyak yang berteriak minta tolong, hanya saja saat dia mendekat, ternyata sudah tidak ada lagi suara, yang tampak hanya mayat yang mulai mengapung. Diperkirakan, ada sekitar 10 mayat yang terapung di tengah laut saat itu.

Diberitakan sebelumnya, kapal boat pengangkut 93 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terbalik di Perairan Nongsa. Sejauh ini baru ditemukan tiga korban tewas dan tiga tenggelam.

Berikut adalah data korban selamat yang berhasil dihimpun. Sementara masih ada puluhan korban lainnya yang belum terdata, hilang, dan kemungkinan tidak selamat :
1. M. Zaliadi (Lk), Lombok Tengah
2. M. Radiah (Lk), Lombok Timur
3. Rusdi (Lk), Lombok Tengah
4. Marianus (Lk), Flores
5. Yosep Malguis (Lk), Flores
6. Zul Maryanto (Lk), Lombok Timur
7. Senah (Lk), Lombok Timur
8. Herman (Lk), Lombok Tengah
9. Sadri (Lk), Surabaya
10. Nasrul (Lk), Palembang
11. Harianto (Lk), Bondowoso
12. Zuraidah (Pr), Medan
13. M. Nazar (Lk), Lombok Tengah
14. Kholik (Lk), Lombok Timur
15. Domini Muvikari (Pr), Kupang
16. Herman (Lk), Padang
17. Ahmad Yadi (Lk), Lombok
18. Sopianko (Lk), Aceh
19. Bustami (Lk), Aceh
20. M. Soleh (Lk), Lombok Timur
21. Burhanudin (Lk), Lombok Tengah
22. M.Halil (Lk), Lombok Tengah
23. Anto (Lk), Lombok Timur
24. Ahmad Hasan (Lk), Jawa Timur
25. Dede (Lk), Jawa Timur
26. Nurkolis (Lk), Lombok Timur
27. Jamal Arifin (Lk), Lombok Timur
28. Ahwan (Lk), Lombok Timur
29. Masehi (Lk), Lombok Tengah
30. Jumitri (Lk), Lombok Barat
31. Ahmad Jakariah (Lk), Lombok
32. Murizal (Lk), Lombok Tengah
33. Marip (Lk),Lombok Tengah
34. Nasrudin (Lk), Lombok Timur
35. Pendi Eko Purnomo (Lk), Jawa Timur
36. Zailani (Lk), Lombok Tengah
37. Agus Suprianto (Lk), Lombok Timur
38. Hendra (Lk), Jawa Timur
39. Imam Fadoli (Lk), Jawa Timur
 Sementara korban meninggal dan hilang sedang dalam pencarian Timsar Gabungan Lanal Batam, Polres Barelang, dan Kansar Batam. (*)

NO KONTAK BASARNAS BATAM : 085281876176/ (0778) 3252111,325265

15 Responses to "Ya Allah. 93 orang TKI Ilegal asal lombok jateng dan jatim Dari Malaysia tenggelam dilaut batam dan banyak yang meninggal , adakah keluarga atau teman anda yang selamat"

  1. Semoga segera ditemukan dengan selamat...

    Www.otovirtual.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

      Delete
    2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMA Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan AKI SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI sakti
      kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi Aki Sakti DI NOMOR 085_242_421_477
      agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi Aki Sakti pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Delete
  2. Moga arwah mereka diterima oleh allah swt.. yg di tinggalkan bisa sabar dan tabah..

    ReplyDelete
  3. Saya coba bantu share gan, kbtulan saya orang Lombok Timur.
    Semoga semua korban segera di ktmukan dan selamat.

    ReplyDelete
  4. Kjadian ini akibat sulitnya prsyaratan untuk menjadi TKI Legal, krn banyaknya prsyaratan dn banyaknya biaya yg harus di keluarkan oleh calon TKI shingga menjadi TKI ilegal satu2nya jalan pintas utk meraih impian mreka... dilombok timur untuk pengurusan KTP, kk dan akte, bisa memakan waktu 3 sampai 4 bulan dg alasan blangko habis krn blangko sudh di boking mahal oleh para calo shingga calon TKI trpaksa mengurus dokumen brupa KTP, KK dn Akte melalui calo dg hrg sbesar 300 ribu.. medical cek up yg dulu hanya brbiaya 150ribu skr membengkak jd 350ribu krn dinas kesehatan NTB ikut ambil bagian utk mendapat bagian dari kringat TKI. Blm lagi ditambah dg adanya pmbayaran bestinet, hal yg smestinya dn tdk penting utk di bayar harus dibayar juga oleh TKI dg alasan pengiriman data online dmn tingkat erornya bisa mncapai 60 prsen hingga PJTKI harus membarengi pngiriman berkas secara manual. Kmudian ada yang namanya endos dg biaya 1jt an. Kmudian paspor yg biaya juga 1jutaan. Dn skr pemerintah mengeluarkan aturan baru lagi dg biaya 450 ribu rupiah ntah aturan apalagi namanya saya kurang tau.. jd stiap TKI harus mengeluarkan dana skitar 3jutaan utk proses saja, blm trmasuk ongkos keberangkatan. Maka jika di tolal maka stiap TKI membutuhkan biaya 7_8 juta utk bisa menjadi TKI Legal, dari mana mreka bisa mendapat biaya sbesar itu jika tdk dari rentnir.pmerintah harusnya mmpermudah mreka biar bisa bkerja di negri jiran scara legal bukan menyulitkan mreka shingga harus mengambil jalan pintas utk menjadi ilegal krn malaysia satu2nya negri harapan org miskin Lombok utk bisa mrubah nasip mreka

    ReplyDelete
  5. Semoga semua korban bisa segera dievakuasi dan korban yg selmt smga cepat bisa tertolong

    ReplyDelete
  6. Kejadian ini menjadih stu pr bgi pemerenta,,,kenapa???????
    Sya pernah menjadi tki,,,pda saat itu sya mengurus pasport di kantor imigrasi batam center,sya di persulit oleh oknum pegawai,,padahal sya sudah melengkapi dokumen untuk mengurus pasport,pada saat itu sya di tawarkan oleh oknum pegawai untuk membayar atau dalam bahasa pasarnya(tembak)dengar harga 3jta rupiah maka dlm waktu satu hari paspor lansung jadi,,,nah dengan berat hati sya menolak karna alasan tdk punyah uang sebanyak itu.dan akhirnya saya memilih berangkat ke malaysia melalui jlan tikus atw ilegal,dan pada waktu itu kami naik speed bot dari tanjung sengkuang,,secara terang terangan,,yg ngerinya lgi pelabuan tikus tanjung sengkuang sya melihat ada banyak aparat yg menjaga atau mem beak up kegiatan tersebut..jdi kira kasus seperti ini siapa yg mau kita salakan

    ReplyDelete
  7. Kejadian ini menjadih stu pr bgi pemerenta,,,kenapa???????
    Sya pernah menjadi tki,,,pda saat itu sya mengurus pasport di kantor imigrasi batam center,sya di persulit oleh oknum pegawai,,padahal sya sudah melengkapi dokumen untuk mengurus pasport,pada saat itu sya di tawarkan oleh oknum pegawai untuk membayar atau dalam bahasa pasarnya(tembak)dengar harga 3jta rupiah maka dlm waktu satu hari paspor lansung jadi,,,nah dengan berat hati sya menolak karna alasan tdk punyah uang sebanyak itu.dan akhirnya saya memilih berangkat ke malaysia melalui jlan tikus atw ilegal,dan pada waktu itu kami naik speed bot dari tanjung sengkuang,,secara terang terangan,,yg ngerinya lgi pelabuan tikus tanjung sengkuang sya melihat ada banyak aparat yg menjaga atau mem beak up kegiatan tersebut..jdi kira kasus seperti ini siapa yg mau kita salakan

    ReplyDelete
  8. Semoga Pemerintah mencari jalan keluar untuk memudahkan urusan masing-masing warga negaranya yang berkaitan dengan administratif... ayo Ganyang pyngli agar kehidupan di masa mendatang semakin ringan

    ReplyDelete
  9. Pemerintah harus mempermudah proses pembuatan paspor, biar kita tidak dgn terpaksa mengambil jalan gelap alias lewat belakang

    ReplyDelete
  10. Turut prihatin, banyak sekali yang dari lombok timur. Saya juga orang lotim

    ReplyDelete
  11. Turut prihatin, banyak sekali yang dari lombok timur. Saya juga orang lotim

    ReplyDelete
  12. Allahu Akbar, semoga mereka di terima di sisi nya...

    ReplyDelete